Makalah Sejarah Perkembangan Processor






BAB I
PENDAHULUAN

Latar belakang
Manusia punya otak, otak manusia fungsinya untuk berfikir dan mengoordinasikan semua kegiatan manusia.Nah.Di computer juga ada otak yang fungsinya adalah sebagai tempat berfikir dan mengoordinasikan semua fungsi dari computer.Otak computer itu adalah prosesor. (Ali Zaki : 2010)
Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh komponen lainnya.Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.Prosesor adalah perangkat terpenting dalam computer, yaitu tenaga pelaksana sebuah eksekusi perintah atau program. (Sugianto : 2010)
Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.
Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi.Merk prosesor yang banyak beredar dipasatan adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel. Bagian dari Prosesor, Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu :
Aritcmatics Logical Unit (ALU)
Control Unit (CU)
Memory Unit (MU)
Perkembangan prosesor saat ini sudah sangat berkembang, dimana setiap produsen prosesor berlomba-lomba menciptakan dan meningkatkan kemampuan prosesor mereka.Hal ini mereka lakukan untuk mendukung perkembangan software.Yang mana saat ini software terus berkembang baik dari segi tampilan grafis software, maupun hasil akhir dari software tersebut.
Untuk mengimbangi perkembagan software yang sangat pesat yang didukung oleh tampilan grafis, maupun ukuran file software yang relatif besar selain membutuhkan spesifikasi memori yang baik juga membutuhkan prosessor yang handal, agar software tersebut dapat berjalan sesuai yang diingikan. Dimana prosesor yang baik dengan kemampuan tinggi dapat menunjang komputer dalam mengakses program tertentu yang ukuran filenya relatif besar dan mempunyai tampilan grafis yang memiliki struktur warna tinggi atau software dengan tampilan grafis tiga dimensi dan disertai dengan efek visual yang tinggi.

Rumusan masalah
Pada makalah ini penulis merumuskan masalah mengenai “Bagaimana perkembangan prosesor dari tahun ke tahun, dan pada perkembangan prosesor saat ini hal apa saja yang selalu dikembangkan oleh para produsen prosesor untuk prosesor itu sendiri.

Tujuan dan manfaat
Penyusunan makalah ini didasarkan oleh tujuan pengetahuan bagi penulis dan meningkatkan ilmu pengetahuan khususnya di bidang komputer.Yang mana bermanfaat selain kita dapat mengetahui perkembangan prosesor khususnya serta perkembangan teknologi informasi pada umumnya.







BAB II
PEMBAHASAN

Perkembangan Processor Intel Dari Pertama Hingga Sekarang, Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh komponen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor. Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi.Merk prosesor yang banyak beredar dipasatan adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel.

1971 : 4004 Microprocessor
Pada tahun 1971 munculah microprocessor pertama Intel , microprocessor 4004 ini digunakan pada mesin kalkulator Busicom. Dengan penemuan ini maka terbukalah jalan untuk memasukkan kecerdasan buatan pada benda mati.
1972 : 8008 Microprocessor
Pada tahun 1972 munculah microprocessor 8008 yang berkekuatan 2 kali lipat dari pendahulunya yaitu 4004.
1974 : 8080 Microprocessor
Menjadi otak dari sebuah komputer yang bernama Altair, pada saat itu terjual sekitar sepuluh ribu dalam 1 bulan 1978 : 8086-8088 Microprocessor Sebuah penjualan penting dalam divisi komputer terjadi pada produk untuk komputerpribadi buatan IBM yang memakai prosesor 8088 yang berhasil mendongkrak nama intel.

1982 : 286 Microprocessor
Intel 286 atau yang lebih dikenal dengan nama 80286 adalah sebuah processor yang pertama kali dapat mengenali dan menggunakan software yang digunakan untukprocessor sebelumnya.
1985 : Intel386TM Microprocessor
Intel 386 adalah sebuah prosesor yang memiliki 275.000 transistor yang tertanam diprosessor tersebut yang jika dibandingkan dengan 4004 memiliki 100 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan 4004
1989 : Intel486TM DX CPU Microprocessor
Processor yang pertama kali memudahkan berbagai aplikasi yang tadinya harus mengetikkan command-command menjadi hanya sebuah klik saja, dan mempunyai fungsi komplek matematika sehingga memperkecil beban kerja pada processor.
1993 : Intel® Pentium® Processor
Processor generasi baru yang mampu menangani berbagai jenis data seperti suara, bunyi, tulisan tangan, dan foto.
1995 : Intel® Pentium® Pro Processor
Processor yang dirancang untuk digunakan pada aplikasi server dan workstation, yang dibuat untuk memproses data secara cepat, processor ini mempunyai 5,5 jt transistor yang tertanam.
1997 : Intel® Pentium® II Processor
Processor Pentium II merupakan processor yang menggabungkan Intel MMX yang dirancang secara khusus untuk mengolah data video, audio, dan grafik secara efisien.Terdapat 7.5 juta transistor terintegrasi di dalamnya sehingga dengan processor ini pengguna PC dapat mengolah berbagai data dan menggunakan internet dengan lebih baik.
1998 : Intel® Pentium II Xeon® Processor
Processor yang dibuat untuk kebutuhan pada aplikasi server.Intel saat itu inginmemenuhi strateginya yang ingin memberikan sebuah processor unik untuk sebuah pasar tertentu.

1999 : Intel® Celeron® Processor
Processor Intel Celeron merupakan processor yang dikeluarkan sebagai processor yang ditujukan untuk pengguna yang tidak terlalu membutuhkan kinerja processor yang lebih cepat bagi pengguna yang ingin membangun sebuah system computer dengan budget (harga) yang tidak terlalu besar. Processor Intel Celeron ini memiliki bentuk dan formfactor yang sama dengan processor Intel jenis Pentium, tetapi hanya dengan instruksi-instruksi yang lebih sedikit, L2cache-nya lebih kecil, kecepatan (clock speed) yang lebih lambat, dan harga yang lebih murah daripada processor Intel jenis Pentium. Dengan keluarnya processor Celeron ini maka Intel kembali memberikan sebuah processor untuk sebuah pasaran tertentu.

1999 : Intel® Pentium® III Processor
Processor Pentium III merupakan processor yang diberi tambahan 70 instruksi baru yang secara dramatis memperkaya kemampuan pencitraan tingkat tinggi, tiga dimensi, audio streaming, dan aplikasi-aplikasi video serta pengenalan suara.

1999 : Intel® Pentium® III Xeon® Processor
Intel kembali merambah pasaran server dan workstation dengan mengeluarkan seri Xeon tetapi jenis Pentium III yang mempunyai 70 perintah SIMD. Keunggulan processor ini adalah ia dapat mempercepat pengolahan informasi dari system bus ke processor , yang juga mendongkrak performa secara signifikan. Processor ini juga dirancang untuk dipadukan dengan processor lain yang sejenis.
2000 : Intel® Pentium® 4 Processor
Processor Pentium IV merupakan produk Intel yang kecepatan prosesnya mampu menembus kecepatan hingga 3.06 GHz. Pertama kali keluar processor ini berkecepatan 1.5GHz dengan formafactor pin 423, setelah itu intel merubah formfactor processor Intel Pentium 4 menjadi pin 478 yang dimulai dari processor Intel Pentium 4 berkecepatan 1.3 GHz sampai yang terbaru yang saat ini mampu menembus kecepatannya hingga 3.4 GHz.

2001 : Intel® Xeon® Processor
Processor Intel Pentium 4 Xeon merupakan processor Intel Pentium 4 yang ditujukan khusus untuk berperan sebagai computer server. Processor ini memiliki jumlah pin lebih banyak dari processor Intel Pentium 4 serta dengan memory L2 cache yang lebih besar pula.
2001 : Intel® Itanium® Processor
Itanium adalah processor pertama berbasis 64 bit yang ditujukan bagi pemakain pada server dan workstation serta pemakai tertentu. Processor ini sudah dibuat dengan struktur yang benar-benar berbeda dari sebelumnya yang didasarkan pada desain dan teknologi Intel’s Explicitly Parallel Instruction Computing ( EPIC ).
2002 : Intel® Itanium® 2 Processor
Itanium 2 adalah generasi kedua dari keluarga Itanium
2003 : Intel® Pentium® M Processor
Chipset 855, dan Intel® PRO/WIRELESS 2100 adalah komponen dari Intel®CentrinoTM. Intel Centrino dibuat untuk memenuhi kebutuhan pasar akan keberadaan sebuah komputer yang mudah dibawa kemana-mana.

2004 : Intel Pentium M 735/745/755 processors
Dilengkapi dengan chipset 855 dengan fitur baru 2Mb L2 Cache 400MHz system bus dan kecocokan dengan soket processor dengan seri-seri Pentium M sebelumnya.
2004 : Intel E7520/E7320 Chipsets
7320/7520 dapat digunakan untuk dual processor dengan konfigurasi 800MHz FSB, DDR2 400 memory, and PCI Express peripheral interfaces.
2005 : Intel Pentium 4 Extreme Edition 3.73GHz
Sebuah processor yang ditujukan untuk pasar pengguna komputer yang menginginkan sesuatu yang lebih dari komputernya, processor ini menggunakan konfigurasi 3.73GHz frequency, 1.066GHz FSB, EM64T, 2MB L2 cache, dan HyperThreading.
2005 : Intel Pentium D 820/830/840
Processor berbasis 64 bit dan disebut dual core karena menggunakan 2 buah inti, dengan konfigurasi 1MB L2 cache pada tiap core, 800MHz FSB, dan bisa beroperasi pada frekuensi 2.8GHz, 3.0GHz, dan 3.2GHz. Pada processor jenis ini juga disertakan dukungan HyperThreading.
2006 : Intel Core 2 Quad Q6600
Processor untuk type desktop dan digunakan pada orang yang ingin kekuatan lebih dari komputer yang ia miliki memiliki 2 buah core dengan konfigurasi 2.4GHz dengan 8MB L2 cache (sampai dengan 4MB yang dapat diakses tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power ( TDP )
2006 : Intel Quad-core Xeon X3210/X3220
Processor yang digunakan untuk tipe server dan memiliki 2 buah core dengan masing-masing memiliki konfigurasi 2.13 dan 2.4GHz, berturut-turut , dengan 8MB L2 cache (dapat mencapai 4MB yang diakses untuk tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power (TDP)

Sejarah Singkat Perkembangan Prosesor
Berawal di tahun 1936, Konrad Zuse mengembangkan komputer Z1 yang merupakan komputer pertama yang dapat di program secara bebas.Tonggak sejarah berlanjut di Hardvard pada tahun 1944, Howard Aiken & Grace Hopper mengembangkan Harvard Mark I Computer. Akhirnya komputer ENIAC 1 yang terdiri dari 20,000 tabung elektronik memenuhi ruangan yang cukup besar dibuat oleh John Presper Eckert & John W. Mauchly di tahun 1946. Di masa perang dunia ke dua tersebut, konsep processor di kembangkan dengan mengandalkan tabung elektronik yang membutuhkan ruang yang besar.
Dengan di temukannya transistor di tahun 1947 di Bell Labs, Amerika Serikat, dan kemudian rangkaian terintegrasi yang dikenal sebagai “chip” di tahun 1958 oleh Jack Kilby dan Robert Noyce, dunia komputer mengalami perkembangan yang amat sangat pesat karena dimungkinkan mengemas demikian banyak sakelar dalam sebuah keping silikon yang kecil seluas beberapa milimeter persegi.
Otak sebuah komputer biasanya dikenal sebagai pemroses data (processor), karena bentuknya yang kecil lebih sering di sebut sebagai prosesor mikro, atau mikroprosesor.Faggin, Hoff dan Mazor dari Intel di tahun 1971 mengembangkan mikroprosesor pertama di dunia, dan diberi kode Intel 4004.Microprocessor 4004 ini digunakan pada mesin kalkulator Busicom.Dengan penemuan ini maka terbukalah jalan untuk memasukkan kecerdasan buatan pada benda mati. Pada tahun 1972 Microprocessor 4004 mengalami perkembangan menjadi Microprocessor 8008 yang berkekuatan 2 kali lipat dari 4004.
Keberadaan microprocessor semakin berkembang ditahun-tahun berikutnya.Paradigma konsep komputer desktop mulai muncul ketika komputer mikro Apple I, II, TRS 80 mulai beredar tahun 1976-1977. Dengan memory 64Kbyte serta monitor televisi sederhana, penemuan jenius yang berawal dari garasi ini ternyata dikemudian hari akan menyapu bersih konsep-konsep komputer mainframe yang waktu itu di kuasai oleh IBM.
Seakan tidak mau kalah, IBM bekerjasama dengan Intel mengembangkan IBM PC/XT di tahun 1981.Komputer ini menggunakan sistem operasi MS-DOS milik Microsoft.Salah satu terobosan terbesar yang dilakukan oleh IBM adalah membuka seluruh rangkaian-nya di manual komputer tersebut.Akibatnya banyak sekali perusahaan-perusahaan yang menjiplak IBM PC/XT yang di kemudian hari di kenal sebagai komputer jangkrik.
Teknologi microprocessor dikembangkan hingga tahun 1993 dan kemudian digantikan dengan kehadiran Intel Pentium Processor.Generasi processor kelas Pentium yang memungkinkan pemrosesan data real-time seperti suara, gambar, video secara cepat.Pentium merupakan standar bagi komputer di rumah-rumah.Di tahun 1997 Intel Pentium II dengan 7.5 juta transistor betul-betul mengubah dunia dengan kemampuan multimedia-nya.Pengguna komputer dapat dengan mudah mengirimkan gambar, suara, video melalui jaringan komputer.
Clock Prosesor adalah kecepatan proses prosesor atau disebut juga clock speed. Misalnya, Intel Pentium III 800 MHz, berarti prosesor berdetak 800 juta kali dalam satu detik. Semakin banyak nilai clock speed, semakin cepat prosesor tersebut untuk menyelesaikan pekerjaannya. (Yani Ahmad : 2011)
Untuk pengguna biasa yang tidak membutuhkan kemampuan sekelas Pentium II, dikembangkan kelas prosesor Celeron di tahun 1999. Ditahun yang sama (1999), Pentium III dikembangkan dengan teknologi rangkaian terintegrasi yang sangat halus 0.25 mikro meter. Perkembangan terakhir kelas Pentium tampaknya mendekati titik puncaknya pada tahun 2000 dengan Pentium 4 dengan 42 juta transistor yang mempunyai kecepatan hingga 1.5 GHz, bandingkan dengan Intel 4004 yang kecepatannya hanya 108.000 Hz. Wow, bisa dilihat perbedaannya kan.
Kebutuhan kinerja yang semakin meningkat serta masalah panas dan daya yang dihadapi oleh processor single core (satu inti) membuat para produsen processor melakukan sebuah loncatan yakni memadukan beberapa core menjadi satu processor atau lebih dikenal dengan multi-core processor. Hal ini dipermudah dengan masuk dengan teknologi nano ke dunia processor. Menggunakan prosesor berarsitektur multi-core akan mempercepat perhitungan algoritma yang dikerjakan sebuah sistem PC. Diibaratkan, berpikir sebuah pekerjaan dengan menggunakan dua otak, tentunya pekerjaan itu akan lebih cepat selesai.
Perkembangan awal teknologi ini adalah menculnya Pentium D, yang merupakan keluaran awal dari processor dengan dua buah inti.Processor jenis ini masih disebut dengan istilah “PENTIUM” karena memang generasinya masih dari perkembangan lanjutan generasi Intel Pentium.Produksi Processor ini masih menggunakan Teknology “NETBURST” dan diproduksi menggunakan teknologi 90nm (nanometer).Sedikit informasi, teknologi nano merupakan upaya yang terus menerus dilakukan adalah memperkecil struktur pada chip. Dengan cara tersebut, akan diperoleh keuntungan antara lain kapasitas listriknya lebih rendah dan power loss akan berkurang. Selain itu, miniaturisasi ini akan menyediakan ruang yang mampu menampung lebih banyak transistor.
Perkembangan teknologi nano semakin maju. Dimulai dengan tekonologi 90nm menjadi 65nm dan kini menjadi 45nm membuat struktur pada chip semakin kecil dan tentu meningkatkan performa pada processor. Multicore processor juga semakin berkembang dan yang terbaru menggabungkan enam (six) core sekaligus.Processor tersebut adalah i7 milik Intel dan Phenom II X6 milik AMD.








BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Melihat dari tahun ke tahun perkembangan prosesor semakin meningkat baik dari segi kapasitas maupun kemampuan prosesor itu sendiri.Perkembangan prosesor sangat dibutuhkan untuk membantu dalam pengembangan software yang mana perkembangan software juga saat pesat oleh sebab itu prosesor harus mengimbanginya dengan terus ditingkatkan kemampuannya.Para produsen penghasil prosesor terus mengembangkan kinerja prosesor mereka. Dengan meningkatnya kinerja prosesor sangat membantu sekali dalam bidang  teknologi informasi namun bertolak dari hal kemajuan itu, untuk memperolah sebuah prosesor dengan kapasistas dan kinerja yang bersaing konsumen harus menambah biaya pengadaan dan perawatan prosesor itu sendiri. Prosesor saat ini sudah mencapai Processor core i7 milik Intel dan Phenom II X6 milik AMD, yang mana kemampuannya tidak diragukan lagi.Kedua prosesor ini mampu bekerja dengan akses yang cepat menghasilkan kualitas grafis yang saat baik dan cocok sekali bagi para pengembang program.










BAB IV
DAFTAR PUSTAKA

Zaki, Ali. 2010. Pengenalan Hardware Komputer. Jakarta: Penerbit Andi.
Sugiono. 2010. Panduan Teknik Komputer Untuk Pemula. Jakarta: Puspa Swara
Google,renaldo46.blogstudent.mb.ipb.ac.id/2011/06/07/perkembangan-processor-dari-generasi-ke-generasi/
Google,myblogiky.blogspot.com/2011/01/sejarah-perkembangan-processor-amd_05.html
Yani, Ahmad. 2011 Panduan Menjadi Teknisi Komputer (utk teknisi, hobiis, & pemula) Surabaya: PT. Kawan Pustaka




DMCA.com Protection Status

9 Comments

  1. Baik gan, untuk sesi kali ini, saya mengulas tentang sejarah perkembangan prosesor intel, di sisi lain sebenarnya masih banyak lagi vendor pembuat prosesor, seperti AMD, Qualcom, dll.
    Untuk sesi berikutnya akan saya akan coba ulas lebih spesifik perkembangan prosesor selain INTEL. Terimakasih,

    Rekomendasi artikel terkait ->

    SEJARAH PERKEMBANGAN INTEL PROCESSOR.PDF

    BalasHapus
  2. thank’s gan ilmu nya dpt smua nih gara2 mampir ke artikel nii hehe

    http://cbs-bogor.net/

    BalasHapus
  3. Terima kasih untuk makalahnya. Salam kenal.

    Silahkan dapatkan buku2 terbaru terbitan tahun 2015. Dan dapatkan diskonnya.

    http://www.honbookstore.com/

    Silahkan kunjungi balik dan tinggalkan jejak alias komentar.

    -Hon Book Store-

    BalasHapus
  4. Misi gan, izin share ya...

    Acer One 10-S100X
    Price Rp 3.799.000

    Spesifikasi :

    Tipe Prosesor : Intel Atom Quad Core
    Memori Standar : 2GB
    Tipe Grafis : Intel® HD Graphics
    Ukuran Layar : 10.1 Inch
    Resolusi Layar : 1280 x 800
    Tipe Layar : Touchscreen
    Speaker : Two built-in stereo speakers
    Kapasitas Penyimpanan : 32GB eMMC + 500GB HDD on Dock
    Wireless Network Protocol : IEEE 802.11b, IEEE 802.11g, IEEE 802.11n
    Wireless Bluetooth : Bluetooth 4.0
    Sistem Operasi : Microsoft Windows 8.1
    Baterai : 6000mAh
    Daya Tahan Baterai : up to 5 hours
    Daya / Power : External AC Adapter
    Dimensi (PTL)
    > Tablet : 259 x173 x 10.3 mm
    > w/Dock: 259 x 181.6 x 24.3 mm

    Pusat Belanja Komputer

    Terimakasih.... :)

    BalasHapus
  5. Maksih Bgt gan, bisa jadi referensi ane...
    SEJARAH PROCESSOR

    BalasHapus
  6. Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
    selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di agen.selltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    No handphone : 085365566333
    PIN : d2e26405

    Segera Mendaftar Sebelum Terlambat. !!!

    BalasHapus